Avatar

HARI KONSTITUSI NASIONAL
18-08-2018

Hari Konstitusi Indonesia

  Bertepatan pada hari ini, 18 Agustus, diperingati sebagai Hari Konstitusi Indonesia. Gagasan diperingatinya Hari Konstitusi Indonesia diawali dari sebuah artikel yang ditulis oleh Mochamad Isnaeni Ramdhan yang berjudul Hari Konstitusi Indonesia dimuat dalam Harian Suara Karya pada Jumat, 15 Agustus 2008.
  Secara etimologis, pengertian konstitusi berasal dari bahasa latin, constituo; constituntum, yakni dokumen hokum resmi dengan kedudukan yang sangat istimewa, baik dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis.
  Tidak lain dan tidak bukan konstitusi yang dimaksud adalah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Pada tanggal 18 Agustus 1945, para anggota PPKI memulai sidang pertamanya, dengan agenda pengesahan UU Dasar Negara Indonesia yang dipimpin oleh Bung Karno dan Bung Hatta sebagai ketua dan wakil ketua PPKI.
Rancangan UU sudah dibahas sebelumnya, tepatnya oleh Panitia Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945.
  Inilah awal mula konstitusi Republik Indonesia. Tentu ini dimaksudkan agar kelak Indonesia menjadi negara yang damai, adil, dan makmur, yang sesuai dengan cita – cita dan tujuan bangsa Indonesia. Serta perwujudan dasar negara Pancasila.
  Konvensi Montevideo (1933) menyatakan syarat minimal diakui sebuah negara berdasar pada 2 unsur. Pertama unsur deklaratif, pengakuan dari negara lain. Kedua unsur konstitutif. Dimana secara hukum, sebenarnya Indonesia baru benar benar menjadi negara pada hari ini 73 tahun yang lalu, 18 Agustus 1945.
Bisa dianalogikan Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah undangan lamaran perkawinan, sedangkan rapat paripurna PPKI 18 Agustus 1945 adalah akadnya.

Sumber: detik.com