Avatar

KEMERDEKAAN RI
17-08-2018

Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Pada tanggal 17 Agustus 1945 tepatnya 73 tahun yang lalu, atas nama bangsa dan negara Indonesia Ir. Soekarno dan Muh Hatta telah secara resmi memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sejak itu Bangsa Indonesia ‘terbebas’ dari jajahan negara asing. Dalam hal ini kemerdekaan Indonesia mempunyai arti yang sangat penting, antara lain:
1.Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan puncak perjuangan bangsa ini.
2.Dengan kemerdekaan, berarti bangsa Indonesia mendapatkan suatu kebebasan. Bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Bebas menentukan nasib bangsa sendiri. Hal ini berarti bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat, bangsa yang harus memliki tanggung jawab sendiri dalam hidup berbangsa dan bernegara.
3.Kemerdekaan adalah suatu pintu gerbang untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Jadi, dengan kemerdekaan itu bukan berarti perjuangan bangsa sudah selesai. Tetapi, justru muncul tantangan baru untuk mempertahankan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan pembangunan. Menurut KBBI, Merdeka ialah bebas dan lepas dari segala macam penjajahan.
Sedikit sejarah perjuangan mempersiapkan kemerdekaan. Pertama tama teks proklamasi yang sudah selesai diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Hatta pada 16 Agustus 1945 malam. Maka, tanggal 17 Agustus 1945 pagi hari di rumah Ir. Ir. Soekarno, Pegangsaan Timur No.56 telah di adakan persiapan untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai. Ir. Soekarno memulai pidato pembukaan, lalu membacakan naskah Proklamasi yang telah ditandatangani Beliau dan Bung Hatta.
Adapun bunyi teks proklamasi itu adalah sebagai berikut:
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Jakarta, tanggal 17 bulan 8 Tahun '45
Atas nama bangsa Indonesia
Ir. Soekarno – Hatta