Avatar

HARI LAUT DUNIA
08-06-2018

Hari Laut Sedunia

  Setiap 8 Juni dunia diperingati sebagai Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day. Hari Laut muncul dari gagasan yang di perkenalkan pada tahun 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Seperti yang sudah diketahui, luas laut merupakan 2/3 bumi. Ketika keberadaannya terancam, maka juga akan mengancam kehidupan lainnya yang ada di darat.
Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan dan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri.
Laut seperti darah dalam tubuh, sedangkan terumbu karangnya adalah jantung yang memompanya. Laut mengambil andil dalam mengatur iklim. Menghidupi jutaan spesies makhluk di dalamnya, memproduksi oksigen. Hingga menghidupi manusia. Sayangnya laut kini mengalami masalah serius. Salah satunya adalah ancaman sampah plastik.
Polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan telah menyebabkan populasi ikan berkurang dengan drastis. Hari peringatan ini juga memberikan kesempatan berbeda untuk menyelenggarakan aksi komunitas dan personal untuk menjaga samudra dan hasil di dalamnya.
The Ocean Project, bekerja sama dengan World Ocean Network, Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium, dan rekan lain dalam jaringan dengan 2.000 organisasi di dalamnya telah mempromosikan Hari Laut Sedunia sejak tahun 2003. Acara Hari Samudra Sedunia melingkupi serangkaian aktivitas dan tindakan, seperti eksplorasi luar ruangan khusus, pembersihan pantai, program pendidikan dan aksi, kontes seni, festival film, dan acara makanan laut yang berkelanjutan.
Contoh aksi yang dilakukan adalah kegiatan bersih pantai yang dilakukan oleh SUPM Negeri Tegal pada tahun 2017. Kegiatan bersih pantai disepanjang Pantai Alam Indah hingga Pantai di wilayang Kelurahan Panggung Kota Tegal.
Hal ini tentu bertujuan untuk memperingatkan kita akan pentingnya laut. Karena laut telah memberikan banyak manfaat untuk kita semua. Itu yang buang sampah di laut, tenggelamkan!