Avatar

Antara Asmat, Kita dan Indonesia
19-05-2018

Asmat. Mungkin kita baru mendengar nama kabupaten ini pertama kalinya sejak wabah menyerang daerah ini, sejak gizi buruk melanda banyak balita dan anak-anak, atau bahkan ketika segelintir mahasiswa menyadarkan kita mengenai kondisi yang terjadi disana. Nama Asmat sudah dikenal dunia sejak tahun 1904. Dengan luas 23.746 km2, Asmat bukanlah sebuah kabupaten kecil teman-teman! Kabupaten ini bahkan mengalahkan luas dari provinsi Jakarta.





Gambar 1. Kabupaten Asmat


Mengisi 7,44 persen wilayah dari Provinsi Papua, Asmat tentunya menjadi bagian penting dari Indonesia. Teman-teman, kini Asmat sedang menghadapi masalah. Kini Asmat butuh uluran tangan saudara-saudaranya. Apakah kita rela melihat 70 anak telah meninggal akibat kasus campak dan gizi buruk sejak September 2017 hingga Januari 2018?.

646 anak terkena campak. 144 anak menderita gizi buruk. Apakah kita terus menunggu pemerintah mengirim kemampuan terbaiknya untuk menyelesaikan kondisi ini? Apakah kita akan terus menunggu mereka para dokter dari kalangan ahli atau calon dokter yang masih mahasiswa menyelesaikan permasalahan ini?. Apakah kita harus terus menunggu, menunggu, dan menunggu?



Gambar 2. Gizi Buruk di Asmat


Tiap distrik di kabupaten asmat hanya memiliki satu dokter spesialis. Infrastruktur mereka bahkan jauh dari kata memadai. Teman-teman tahu berapa kampung yang terdapat di Kabupaten Asmat? 100 Kampung. Menurut BPS pada tahun 2013, bahkan Asmat baru memiliki 12 puskesmas. Rumah sakit umum-pun adalah RSUD yang tergolong tipe C yang berada di Agats. Kita sama-sama tahu, masalah besar di Kabupaten ini adalah kesehatan. Tapi apakah permasalahan ini hanyalah tanggung jawab pemerintah dan dokter semata?

Sejak berlalu keramaian di media sosial, kita sama-sama sepakat bahwa Asmat membutuhkan kita. Kita masyarakat Indonesia. Membantu Asmat tak harus menjadi pemerintah. Membantu Asmat tak harus menjadi dokter. Membantu Asmat hanya cukup menjadi manusia. Kita bisa ulurkan doa-doa kita, harta kita, dan apa-apa yang kita bisa berikan semampu kita untuk Asmat.


Dari Metalurgi, Untuk Asmat, Bagian dari Indonesia
Kastrat IMMt FTUI 2018


Referensi

https://katadata.co.id/foto/2018/01/27/derita-campak-dan-gizi-buruk-anak-asmat/8#slide-nav

http://www.asmatkab.go.id/page/sejarah